Sabtu, 28 Januari 2017

JENIS-JENIS BURNER MENURUT BAHAN BAKAR YANG DIGUNAKAN

Ada beberapa jenis Burner/Kompor menurut Bahan bakar yang sering dipergunakan, antara lain sebagai berikut :

Burner Minyak (Oil Burner)

Burner Minyak ada 2 jenis, diantaranya :
1. Minyak yang sifatnya Encer (Light Oil Sytem) yaitu seperti solar dan Minyak Tanah.
2. Minyak yang sifatnya Kental (Heavy Oil System) seperti MPO, Residu dan sejenisnya.


Burner Gas (Gas Burner)

Gas yang dipergunakan untuk Burner ini adalah Jenis Gas :

1. LPG (liquefied petroleum gas) atau gas bumi yang dicairkan dengan komponen utama propana (C3H8) dan butana (C4H10). Menurut jenisnya, LPG dikelompokkan menjadi LPG propanah, LPG butana dan LPG campuran (mix) yang merupakan campuran dari kedua jenis LPG tersebut. LPG dapat dari penyulingan minyak mentah atau dari kondensasi gas bumi dalam kilang pengolahan gas bumi.


2. LNG (Liquefied natural gasadalah Gas alam yang telah diproses untuk menghilangkan kotoran (impuritas) dan hidrokarbon fraksi berat dan kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160° Celcius.

3. CNG (compressed natural gas) adalah gas bumi yang dipampatkan pada tekanan tinggi sehingga volumenya menjadi sekitar 1/250 dari volume gas bumi pada keadaan standar. Tujuan pemampatan gas bumi adalah agar dapat diperoleh lebih banyak gas yang dapat ditransportasikan per satuan volume vessel. Tekanan pemampatan CNG bisa mencapai 250 bar pada suhu atmosferik. Komposisi gas bumi yang akan dikirim ke konsumen melalui CNG harus sudah memenuhi spesifikasi gas komersial seperti batasan maksimum kandungan air, CO2 dan hidrokarbon berat. Selain itu, penyimpanan gas pada tekanan yang sangat tinggi mensyaratkan batasan yang ketat terhadap kandungan air dan hidrokarbon berat untuk mencegah terjadinya kondensasi dan pembentukan hidrat.

Label: